Pesan Dr Watson

Pesan Dr Watson


A.     Pesan Error Dr.Watson
                                                                                                    
Muncul pesan error " Dr.Watson postmortem debugger has encountered errors and needs to close ". Error ini menyebabkan komputer mengalami "freeze", dan user tidak akan bisa melakukan aktifitas apapun pada komputer. Biasanya akan disertai pesan "Send - don't send". Problem ini biasanya dialami para pengguna Internet Explorer, dan Outlook dari Microsoft.  

Pertanyaan yang timbul adalah, apakah Dr.Watson ini sebuah program virus ? Mungkin saja memang demikian, mengingat perkembangan varian virus yang semakin maju. Tetapi ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang hal Dr.Watson ini.

Diskripsi Dr. Watson
Dr.Watson adalah sebuah aplikasi yang merupakan fitur dari Windows - lihat gambar-1. Fitur aplikasi Dr.Watson ini terletak di : C:\Windows\System32\drwtsn32.exe (45KB).
Aplikasi ini merupakan program "debugger" yang akan melakukan debugging bila terjadi crash pada suatu program, dan membuat file log saat error terjadi. File log-nya terletak di : C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Microsoft\Dr Watson.

Apabila kemudian kita meng-klik "Send", maka file log ini akan dikirim ke Microsoft Technical Support untuk di-analisa. Aneh-nya, user tidak (akan) pernah menerima solusi atas problem yang muncul. Rupanya ini hanya untuk kepentingan Microsoft demi penyempurnaan Windows ? Jadi menurut saya fitur ini gak bermanfaat sama sekali buat kita. Bahkan saya sering menemukan, fitur ini malah mengacaukan aktifitas dari beberapa program sekuriti dari produsen besar, seperti Anti virus dll. 
Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Dr.Watson bukan lah sebuah program malware/virus.  Dan merupakan fitur yang berguna (bagi Microsoft), meski kita jarang sekali (tidak pernah) memanfaatkannya.


 














B.      Disable Dr.Watson

Diatas saya sebutkan bahwa fitur Dr.Watson ini praktis tidak bermanfaat (bagi user), jadi tak ada salahnya kita matikan saja fitur ini. Caranya - lihat gambar dibawah ini :
Klik-kanan MyComputer -> Properties -> Advanced -> Error Reporting -> pilih Disable error reporting -> OK 


 

Disable Dr.Watson

Solusi Error Dr.Watson
Jika terlanjur mengalami problem error Dr.Watson, maka yang bisa dilakukan adalah :
berusaha login Windows melalui Save Mode
periksa Task Manager, dan (jika ada) matikan  processes Dr.Watson - gambar-2.
masuk Registry Editor - lihat gambar-3, cari string ini : 
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\Current Version\AeDebug
pilih value Name [Auto], dan ubah value data menjadi 0 (nol)
tutup Registry Editor, dan Restart komputer.




gambar-2


gambar-3

Jika mengalami kesulitan meng-akses registry, silahkan Anda :
download file DisableDrWatson.reg, cara menggunakannya klik-kanan file tsb. -> Merge.  Atau bisa juga dengan
download file MicrosoftFixit50540.msi, klik-ganda file tsb. dan ikuti langkah selanjutnya.




No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top