Search This Blog

Loading...

Tuesday, February 5, 2013

PENGERTIAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER


Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan  yang diperlukan oleh  komputer untuk menjalankan perintah yang  dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Secara umum, perangkat lunak (software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1. SISTEM OPERASI

a. Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara
pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

b. Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:


1.      Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2.      Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

3.      Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).

4.      Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

c. Macam-Macam Sistem Operasi

Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya adalah :

1.  DOS
2. Windows, beberapa versi windows : Windows 95
Windows 98
Windows 2000 Profesional
Windows 2003
Windows XP Windows Vista
3. Linux, macam-macam distro linux :
Redhat Fodore Core Mandrake Suse Knoppix
Ubuntu/Edubuntu
4. Apple System
5. Machintos

2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)

Perangkat Lunak Bahasa (Language Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.

3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI

Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a. Program Aplikasihttp://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4650116090034054650#editor/target=post;postID=6187788240913643787

Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang  ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
1.    Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir
2.      Program billing warnet/wartel

b. Program Paket

Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
1.  Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter,Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
2.      rogram pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft
3.  Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power
4.      point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel
5.      Presentation, Apple Work, dll.
6.      Program design grafis, contohnya adalah : Adobe
7.      Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
8.      Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer,
9.      Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
10.  Program database, contohnya adalah : Microsoft Access,
11.  Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
12.  Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
13.  Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,

Pada tulisan kali ini akan saya uraikan tentang bagaimana mempelajari Microsoft Office Word 2007 seperti membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai oleh kalian dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007.

Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
  • Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
  • Pilih menu All Program, cari menu Microsoft Office kemudian pilih menu Microsoft Office Word 2007
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar word 07-001 dibawah ini.




            Disamping cara diatas, Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.
Adapun cara untuk membuat shorchut tersebut adalah sebagai berikut:
  

1. Langkahnya sama seperti diatas Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program 
2. Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007. 
3. Saat muncul sejumlah menu, pilih Send To dilanjutkan dengan mengklik Desktop (create shorchut).
    Jika kalian masih bingung perhatikan gambar dibawah ini.
    Gimana....???
     Sudah bisa mencoba cara diatas apa belum....????
    yuuukkk kita lanjut ke panduan berikutnya....!!!!


    Buat kalian yang baru saja bermigrasi dari Microsoft Word 2003 ke Microsoft Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Kita hanya perlu sedikit waktu untuk ber-adaptasi dan setelah itu, kita akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila kalian belum pede, silahkan buka Microsoft Word 2007, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Silahkan dicoba saja!!!!!.
    Kembali ke masalah menu icon, Microsoft Word 20037 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai oleh Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).

    Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
    Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Kesimpulannya adalah… Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
    Mengulang pada tulisan sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan dengan lebih detail fungsi dari menu-menu yang tersedia di dalam tampilan Microsoft Word 2007. Di antaranya adalah

    Tombol Office Button
    Pada umumnya, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Jika pada area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.sedangkan pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah tampilannya.


    Keterangan dari gambar diatas: 
    1. New digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru 
    2.  Open digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan 
    3. Save perintah untuk menyimpan file dokumen aktif 
    4.  Save As digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu 
    5. Print digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif 
    6. Prepare : digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif 
    7. Send : digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / facsimile 
    8. Publish : perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll 
    9. Close : digunakan untuk menutup file dokumen aktif.

    Mengenal Fungsi Icon pada Menu/Tab Home
    Tab / Menu Home ini terdiri dari lima Group menu yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan editing. adapun fungsi dari menu tersebut mari kita pelajari satu persatu.

    Group Clipboard








    Group Clipboard ini terdiri dari beberapa menu yaitu:
    1. Paste : berfungsi menempelkan hasil copy atau cut. 
    2.  Cut :berfungsi memotong teks/objek terpilih. 
    3.  Copy : berfungsi menggandakan teks/objek terpilih. 
    4.  Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
    * Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.

    Group Font


    Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
    1. Font : berfungsi untuk memilih jenis huruf
    2. Font Size : berfungsi untuk mengatur ukuran huruf
    3. Grow Font : berfungsi untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
    4. Shrink Font : berfungsi untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
    5. Change Case : berfungsi untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
    6. Clear Formatting : berfungsi untuk menghapus pemformatan teks terpilih
    7. Bold : berfungsi untuk menebalkan teks terpilih
    8. Italic : berfungsi untuk memiringkan Teks terpilih
    9. Underline : berfungsi untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
    10. Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
    11. Subscript : berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
    12. Superscript : berfungsi untuk mengetik karakter pemangkatan
    13. Text Effect : berfungsi untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
    14. Text Highlight Color : berfungsi untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
    15. Font Color : berfungsi untuk mengatur warna teks terpilih.

    Group Paragraph


    Group Paragraph ini terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
    1. Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
    2. Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
    3. Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
    4. Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
    5. Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
    6. Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
    7. Sort : untuk menyortir data
    8. Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
    9. Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
    10. Center : untuk mengatur teks rata tengah
    11. Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
    12. Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
    13. Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
    14. Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
    15. Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

    Group Styles

    http://2.bp.blogspot.com/-Qky-yIC0X70/T1_1OA1orWI/AAAAAAAAAIk/85uLZT_fjZk/s1600/home-styles.jpg

    Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
    1.      Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
    2.      Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

    Group Editing
    http://4.bp.blogspot.com/-3SBA21bu5ro/T1_1fggsSkI/AAAAAAAAAIs/FHyEawDog8A/s1600/home-editing.jpg

    Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
    1.      Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
    2.      Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file.
    3.      Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file.

    Pelajari Secara terus-menerus sampai kalian hafal sehingga memudahkan kalian dalam menulis/membuat dokumen di Microsoft Word 2007.
    Jika pada tulisan sebelumnya kita sudah belajar membuka Microsoft Word 2007, maka pada kali ini kita akan membahas mengenal lingkungan kerja dari Word 2007.Saat kita memulai Microsoft Word 2007, maka jendela program Word akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Lingkungan kerja Microsoft Word 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Word versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.

    Perhatikan tampilan lingkungan kerja Ms.Word 2007 berikut ini.


    Penjelasan dari masing-masing unsur interface gambar diatas adalah sebagai berikut:

    Tombol Microsoft Office
    Tombol ini Digunakan untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan file,mencetak, dan keluar dari Microsoft Word.jika tombol tersebut di klik maka akan Nampak seperti gambar dibawah ini:
    http://1.bp.blogspot.com/-CMGLOohvvfA/T121Sqg7qpI/AAAAAAAAAGo/zOqYTy4yYQA/s1600/menu%2Bhome%2B2.jpg

    Customize Quick Access Toolbar
    Dari istilah yang digunakan Microsoft kita bisa tahu, toolbar ini digunakan untuk mengakses secara cepat command yang sering kita digunakan. Quick Access Toolbar bisa kita kustomasi sesuai kebutuhan kita, baik variasi command maupun letaknya.
    Customize Quick Access Toolbar digunakan untuk menampilkan tombol-tombol yang ingin ditampilkan pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik tombol open dan new document, akan muncul tombol tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan tombol yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.tampilan dari Quick Access Toolbar seperti Nampak 
    pada gambar dibawah ini:




    Title Bar
    http://2.bp.blogspot.com/-CvfIJF9mGU0/T122oPA-nlI/AAAAAAAAAHA/GJPggYkDLfY/s320/judul%2BMicrosoft%2BWord.jpg

    Title Bar Menampilkan nama dokumen dan aplikasi Microsoft Word, nama dokumen sebelum dirubah adalah Document1, Document2, Document3, Document4 dan seterusnya.

    Tombol Close
    http://3.bp.blogspot.com/-SDyXVGoJhrU/T1221GZfnLI/AAAAAAAAAHM/64b5bLG9st8/s320/Minimize%252C%2BMaximize%252C%2Bdan%2BClose.jpg

    Tombol ini terletak di ojok kanan atas, terdiri dari tombol minimize, maximize, dan Close (menutup aplikasi word).

    Ribbon 
    http://1.bp.blogspot.com/-BUMZxXuUDDA/T123oFWltAI/AAAAAAAAAHY/ju1k8kv5TLA/s1600/menu%2Bhome.jpg

    Salah satu tampilan ‘memukau’ ketika kita mengaktifkan salah satu varian Microsoft Office 2007 seperti Word, Excel, Access, PowerPoint dan Outlook adalah fitur ribbon. Bagi yang terbiasa dengan Office versi sebelumnya maka kesan pertama yang ditangkap dari tampilan Ribbon adalah toolbar yang penuh dengan command dan rumit dalam mencari command yang dibutuhkan. Jangan khawatir! Ditulisan berikutnya akan kita bahas hal-hal yang terkait dengan Ribbon Word 2007.

    Ruler
    Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di
    atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi
    untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.

    Margin
    Tool ini berfungsi untul Mengatur Setting Halaman (Ukuran Kertas)

    Scroll Bar
    Seringkali kita membuat tidak hanya satu halaman tetapi banyak halaman dalam satu file Word 2007. Untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain, maka kita menggunakan scrollbar untuk menggulung halaman ke atas atau ke bawah, ke kiri maupun ke kanan. Status bar Memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.



    Tombol View
    Untuk mengatur mode tampilan yang terdiri atas printout, full screen reading, web layout, outline dan draft.

    Zoom
    Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja. Setelah sekian lamanya gak update blog, akhirnya kali ini saya akan melanjutkan seri belajar Ms.Word 2007. seperti sebelumnya telah saya jelaskan bagaimana Mengenal Fungsi Icon Tab Home Pada Microsoft Word 2007 dan Mengenal Fungsi Icon Tab Insert Pada Microsoft Word 2007, kali ini saya akan berbagi bagaimana Mengenal Fungsi Tab Page Layout Pada Microsoft Word 2007.Icon yang terdapat pada Tab Page Layout ini berfungsi untuk mengatur tataletak sebuah halaman dokumen Word. Pada Tab ini terdiri dari 5 Menu Group, diantaranya ada :
    1. Themes
    2. Page Setup
    3. Page Background
    4. Paragraph
    5. Arrange.
    Berikut ini adalah penjelasan dari kelima Menu Group tersebut diatas.

    Group Themes
    http://3.bp.blogspot.com/-tTUg9oAxJgQ/UFnwGQZKH1I/AAAAAAAAASo/_pU8AC_MQjU/s1600/tab-page-layout-themes_thumb.png
    Konten / isi pada group ini antara lain :
    a.       Themes digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
    b.      Color digunakan untuk mengatur warna tema pada halaman.
    c.       Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan digunakan dalam halaman dokumen yang kita buat.
    d.      Effect digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
    Penjelasan lebih detailnya seperti berikut:
    Pada Menu Themes menyediakan sejumlah bentuk tema halaman secara mudah dan praktis. Dengan fitur ini kita dapat dengan mudah membuat dokumen artistik tanpa harus menjadi seorang profesional di bidang setting layout. Semuanya dilakukan dengan praktis dan efisien. Bisa dibayangkan bahwa melakukan setting halaman merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Anda perlu mengamati mana judul, mana subjudul, dan mana paragraf, kemudian harus mengklasifikasikan semuanya dari segi jenis huruf, ukurannya, bahkan warnanya supaya menjadi sebuah pembukuan yang tampil dengan sosok artistik. Namun fakta berbicara lain setelah Microsoft Corporation merekrut fitur yang satu ini ke dalam produk aplikasi perkantorannya tersebut. Semua hal yang sejatinya hanya mungkin dilakukan oleh seorang layouter profesional, kini dapat dengan mudah dilakukan oleh orang yang tidak berlatarbelakang desain template.pada bagian ini pula kita tinggal memilih salah satu tema yang diinginkan, maka program berjalan secara otomatis membantu kita melakukan setting layout, bagian per bagian, bahkan halaman per halaman. kita hanya perlu berkonsentrasi ke layar monitor dan naskah yang diketiknya.
    Berikut adalah bebrapa tampilan dari menu Themes.
    http://1.bp.blogspot.com/-dbMt5gQCxYs/UFnxLd5IezI/AAAAAAAAAS4/UnfJaSNEpqo/s320/themes.jpg

    Sedangkan menu Colors berfungsi untuk memilih warna tema dengan urutan warna secara hierarki. kita juga dapat mendesain sendiri warna tema tertentu melalui menu ini. Berbeda dengan menu Themes, menu Colors hanya memungkinkan kita untuk memilih jenis warna tema saja.
    Sementara di menu Themes adalah berisi pilihan yang mengatur jenis, warna, dan bentuk huruf dan warna tabel serta warna dasar dapat pula diatur dari menu ini.
    Berikut adalah bebrapa tampilan dari menu Colors:

    http://4.bp.blogspot.com/-nuluCBEVTYg/UFnx2AaUrgI/AAAAAAAAATA/h6rjkZPKDvQ/s320/colors.jpg

    Menu Fonts secara spesifik digunakan untuk memilih tema/jenis huruf. Di samping itu, menu ini juga memudahkan kita untuk mengutak-atik sendiri tema huruf yang kita kehendaki.
    http://1.bp.blogspot.com/-1Zbn2bOuE28/UFnygw_mRjI/AAAAAAAAATM/hz9CucJ_Sj8/s320/fonts.jpg

    Menu Theme Effects ini kita dapat dengan mudah untuk memilih tema efek dengan nuansa warna yang telah tersedia pada menu Colors. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa untuk membuat sebuah booklet yang indah tidak harus terletak dalam aspek ide yang tertuang dalam tulisan tersebut. Justru seorang layouter perlu mendandani setiap objek di setiap halaman dengan efek yang menarik dipandang mata. Namun tampaknya falsafah Microsoft Word tak cukup sampai disitu. Susunan dan urutan warna bahkan juga diorientasikan untuk menjelaskan sebuah hierarkis. Pada menu Effects ini kita akan menemukan hal-hal tersebut, namun kita juga diberi peluang untuk melakukan kustomisasi/perubahan dalam bidang yang satu ini.
    Berikut adalah beberapa pilihan dari menu Theme Effects yang telah disediakan oleh Ms.Word:

    http://1.bp.blogspot.com/-_wuMeAL_TKo/UFnzilyLpPI/AAAAAAAAATY/gSeYzUCKFRA/s320/effects.jpg

    Pelajarilah terus menerus dan praktekkan sesering mungkin, pada postingan selanjutnya akan saya lanjutkan bagian berikutnya yaitu Mengenal Icon Perintah di Group Page Setup

    No comments: